Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk

Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk

Beberapa orang biasanya memiliki masalah pada disk drivenya, menyebabkan mereka memilih cara instal windows 7 dengan flashdisk. Secara umum, tidak ada perbedaan cara pemasangan sistem operasi baik itu menggunakan flash atau disk drive, hanya saja ada beberapa yang perlu dilakukan sebelum pemasangan terjadi.

[wpu_silo links='30']

Langkah-langkah Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk

Dalam prakteknya, ada dua langkah untuk memasang windows 7 dengan flash dimana yang pertama adalah cara install windows 7 dengan flashdisk melalui cmd dan yang kedua adalah menggunakan aplikasi dari Microsoft yang bernama Windows 7 USB/DVD Download Tool. Adapun langkah menggunakan keduanya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan cmd

Seiring berkembangnya teknologi piranti lunak, semakin menipis pula tingkat kepercayaan seseorang terhadapnya. Karena hal tersebut, banyak orang yang lebih memilih cara instal windows 7 dengan flashdisk lewat command prompt. Adapun untuk melakukan hal tersebut harus melalui langkah-langkah berikut:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah untuk menjalankan command prompt sebagai administrator
  2. Begitu layar baru terbuka, ketikkan “DISKPART” tanpa tanda kutip.
  3. Perintah tadi akan membawa anda masuk ke dalam “aplikasi” bernama DISKPART, dimana anda kemudian harus mengetik “LIST DISK”.
  4. Perintah tadi akan me-list daftar disk yang ada. Ketik “SELECT DISK “ dan pilih nomor disk yang merupakan flash anda. Contohnya adalah “SELECT DISK 1”
  5. Lakukan perintah CLEAN untuk menghapus seluruh data yang ada di dalamnya.
  6. Langkah berikutnya yang harus dilakukan dalam cara instal windows 7 dengan flashdisk cmd adalah untuk memasukkan perintah “CREATE PARTITION PRIMARY” dan “SELECT PARTITION ACTIVE” tepat setelahnya.
  7. Lakukan format disk dengan perintah “FORMAT FS=NTFS”
  8. Setelah selesai, ketikkan ASSIGN dan EXIT untuk keluar dari DISKPART.
  9. Masukkan perintah untuk berpindah ke direktori CD Drive, dan lanjutkan ke folder Boot.
  10. Ketikkan “BOOTSECT.EXE/NT60 “ dan tambahkan alamat flashdisk anda, pada contoh ini adalah H, maka tuliskan “BOOTSECT.EXE/NT60 H”.
  11. Setelah proses penyalinan selesai, lakukan restart pada komputer dan masuk ke dalam BIOS demi mengganti boot priority menjadi Removable Devices.
  12. Ketika masuk ke halaman baru pemasangan, lakukan langkah-langkah seperti biasa, hanya saja kali ini media yang digunakan adalah flashdisk, bukan CD maupun DVD.

 

  • Menggunakan aplikasi

Jika cara instal windows 7 dengan flashdisk tanpa software terdengar menyulitkan, ada aplikasi yang mampu memotong seluruh ketikan-ketikan pemerintah hanya dengan satu kali klik. Hal yang perlu dilakukan untuk itu adalah:

  1. Unduh program yang bernama WINDOWS 7 USB/DVD Download Tool dan lakukan pemasangan.
  2. Ketika dijalankan, anda akan disuruh memasukkan alamat dari file ISO yang akan digunakan. Pastikan bahwa flashdisk tidak memiliki file penting, karena akan dihapus.
  3. Pada halaman berikutnya, klik “USB Device” dan pilih drive yang akan dijadikan alat pemasangan.
  4. Klik tombol “Begin copying” yang muncul, dan tunggu beberapa saat.
  5. Setelah selesai, restart komputer, masuk ke dalam BIOS, dan ubah boot priority menjadi Removable Devices.
  6. Lakukan pemasangan drive seperti biasa.

cara instal windows 7 dengan flashdiskSetelah pemasangan sistem operasi berhasil menggunakan salah satu metode, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan PC kita dimana salah satunya adalah memasang driver yang mampu membuat PC membaca interface-interface perangkat seperti papan ketik, tetikus, speaker, dan banyak hal lain yang tentunya akan sangat membantu setelah menyelesaikan cara instal windows 7 dengan flashdisk.


© 2016 My Programme . All Right Reserved