Cara Instal Windows XP

Meskipun kini sudah dirilis Win 8, beberapa orang tetap lebih memilih untuk mengetahui cara instal windows XP. Banyak alasannya, mulai dari mereka bilang win yang baru tidak bagus, atau bahkan kalah dalam segi kecepatan. Padahal alasannya hanyalah mereka tidak terbiasa dengan sistem operasi generasi baru tersebut.

Cara Instal Windows XP Dalam Beberapa Langkah :

  1. Tips Windows XP

  2. Cara Instal Windows XP
  3. Cara Masuk Safe Mode Windows XP

Untuk melakukan pemasangan win XP, biasanya dibutuhkan sebuah CD yang berguna menyimpan data-data instalasinya. Meski begitu, banyak pengguna PC yang memiliki masalah dengan disk drivenya, dan kali ini kita hanya akan membahas cara instal windows xp dengan flashdisk.

Untuk melakukan hal ini, harus dipastikan dulu sebelumnya bahwa kita memiliki sebuah flashdisk yang mampu menampung ukuran besar dari CD atau DVD pemasangan win XP, yaitu paling tidak 2 hingga 3 GB. Setelah hal tersebut bisa dipastikan, maka bisa mulai melakukan cara instal windows xp menggunakan flashdisk mengikut langkah-langkah berikut ini:

  1. Sebelum dimulai, pastikan anda telah memiliki file ISO untuk pemasangan win XP. Jika belum, anda bisa mengubahnya sendiri melalui CD instalasi yang anda miliki, atau bisa mengunduhnya dari internet.
  2. Jalankan command prompt, tapi jangan lupa untuk menjalankannya sebagai administrator.
  3. Begitu jendela command prompt terbuka, ketikkan “DISKPART” tapi tanpa menggunakan tanda petik.
  4. Perintah DISKPART akan membawa anda pada “aplikasi” di dalam command prompt. Di layar baru, ketikkan lah “LIST DISK” untuk melihat daftar disk yang anda miliki.
  5. Mengingat ini adalah cara instal windows xp dari flashdisk, cari disk yang kira-kira merupakan flash disk dan ketikkan “SELECT DISK #” dengan # adalah nomor disk yang ditampilkan tadi.
  6. Sebelum bisa memasukkan apa-apa di dalam flashdisk, kita harus pastikan bahwa flashdisk kosong. Untuk ini, bisa digunakan perintah “CLEAN”.
  7. Setelah data terhapus, kita harus mengetikkan “CREATE PARTITION PRIMARY” dan ketika selesai kita harus kembali mengetikkan “SELECT PARTITION ACTIVE”. Hal ini bertujuan untuk menunjuk flashdisk sebagai sebuah partisi yang bisa digunakan untuk booting process.
  8. Format flashdisk dengan perintah “FORMAT FS=NTFS”
  9. Setelah format berhasil dan telah selesai, ketikkan ASSIGN untuk memberi label pada disk dan EXIT untuk keluar dari DISKPART.
  10. Lakukan perpindahan direktori menuju CD drive dan lanjutkan lebih dalam menuju folder BOOT.
  11. Ketikkan “BOOTSECT.EXE/NT60 #” dengan # sebagai huruf yang merepresentasikan disk, seperti misalnya BOOTSECT.EXE/NT60 F.

Itu adalah bagaimana menyiapkan flashdisk sebagai cara instal windows xp dengan flashdisk tanpa software, tapi beberapa orang menilai bahwa proses ini terlalu sulit sehingga diciptakanlah sebuah aplikasi yang bernama WinToFlash. Untuk cara penggunaan WinToFlash adalah seperti ini:

  1. Unduh aplikasi WinToFlash, dan karena aplikasi ini tidak membutuhkan pemasangan, cukup klik dua kali file yang tadi diunduh untuk menjalankan aplikasi.
  2. Masuk ke tab task dan pilih Transfer Windows XP/2003 setup to flush dan klik create.
  3. Klik next, lalu pilih alamat CD atau ISO dari instalasi windows XP. Di kolom kedua masukkan alamat USB Drive.
  4. Pencet next dan tunggu selama beberapa saat.

Setelah USB flashdisk siap, lakukan restart pada PC. Kali ini pastikan bahwa kita masuk ke dalam settingan BIOS untuk mengganti primary boot device menjadi Removable Devices, yaitu flashdisk. Ketika PC kembali menyala, akan muncul halaman pemasangan yang hanya perlu ditekan enter dan tunggu hingga selesai. Demikianlah anda telah menguasai cara instal windows xp.

© 2016 My Programme . All Right Reserved